gua maria fatimah sawer rahmat

14 Pemberhentian Gua Maria Fatimah Sawer Rahmat

14 Pemberhentian Gua Maria Fatimah Sawer Rahmat14 Pemberhentian Gua Maria Fatimah Sawer Rahmat. Gua ini di resmikan pada bulan Mei 1990. Terletak di Desa Cisantana. Kecamatan Cigugur. Kabupaten Kuningan.

Gua Maria Sawer Rahmat ini terletak di ketinggian 700 meter dari permukaan laut dan berada di lereng Gunung Ciremai.  Daerah tersebut merupakan wilayah pertanian. Dengan suhu udara yang cukup dingin. Menurut catatan di Gereja Cisantana umat Katolik di daerah ini berjumlah lebih dari 1.200 orang. Yang sebagian besar hidup dari pertanian dan beternak sapi perah. Gua Maria Sawer Rahmat ini di bangun atas inisiatif penduduk setempat. 14 Pemberhentian Gua Maria terletak di sebuah bukit yang bernama Bukit Totombok. Sebelah barat Desa Cisantana. Gua Maria Sawer Rahmat ini di resmikan pada tanggal 21 Juli 1990 oleh Kardinal Tomko.

Menurut dari cerita dahulu bahwa perbandingan umat Islam dan umat Nasrani di Cigugur sama-sama 50%. Dan toleransi sesama umat beragama ini sangat baik. Kita dapat melihat mesjid berdiri dan berdekatan dengan gereja. Dan mereka sangat ramah saling membantu ketika salah satu umat beragama ini membangun mesjid atau gereja.

Pada Gua Maria ini terdapat 14 Pemberhentian Gua Maria Fatimah Sawer Rahmat. Yaitu 14 pemberhentian jalan salib sebelum menuju ke titik puncak Gua Maria. Dan juga kapel tempat di laksanakannya misa. Dan untuk mencapai tempat peribadatan utama para peziarah harus berjalan kaki kurang lebih satu kilometer. Dengan menaiki tangga batu. Para peziarah juga menyusuri lorong pepohonan rindang di tengah perbukitan lereng gunung Ciremai. Dengan membawa lilin mereka melakukan perjalanan sambil menghirup udara pegunungan dan menikmati indahnya alam.

Umat katolik menyebut perjalanan menuju gua itu sebagai prosesi jalan salib. Mereka harus berhenti pada setiap tempat pemujaan di sepanjang jalan yang menanjak. Untuk memanjatkan doa sebelum sampai ke gua maria. Perjalanan sambil mengucapkan doa itu dilakukan untuk mengingatkan umat katolik. Tentang perjalanan Yesus Kristus memanggul salib menuju bukit Golgota atau bukit Kalvari. Setiap perhentian mengisahkan riwayat yesus. Mulai dari ketika dia dijatuhi hukuman hingga ia dimakamkan,” kata Frater Evodius OSC, Frater Biarawan Order Salib Suci disela-sela ziarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *