Air Aki Mobil Cepat Habis Dan Berkurang, Inilah Penyebabnya..!

aki mobil cepat soak

Air Aki Mobil Cepat Habis Dan BerkurangApakah anda terlalu sering mengisi air aki mobil setiap hari. Air Aki Mobil Cepat Habis Dan Berkurang..? itu tanda nya ada yang tidak beres dengan aki mobil anda. Kita mengetahui bahwa aki mobil sangat vital perannya untuk kelistrikan mobil. Mungkin anda juga pernah saat menstater mobil tapi aki anda tidak mampu mengangkat nya.

Memang aki mobil sangat vital dalam satu komponen yang mempunyai fungsi sebagai tenaga awal untuk menstarter mesin mobil. Juga sebagai pendukung komponen elektrikal lain yang ada didalam mobil tersebut. Seperti untuk penerangan lampu mobil, audio dan lain sebagainya. Tapi mengapa air aki mobil cepat habis dan berkurang dalam 2 atau 3 hari saja. Bahkan bisa habis dalam satu hari. Perawatan yang sepele ini sangat di rasakan jika anda teledor dan memelihara aki tersebut. Dan kesalahan dalam melakukan perawatan aki mobil ini dapat membuat komponen ini cepat mengalami kerusakan.

Untuk memelihara dan menjaga aki mobil ini agar tetap bagus dan prima gampang – gampang susah. Dan anda perlu memperhatikan beban apa saja yang di tanggung aki si battery mobil ini. Seperti menambahkan perangkat soundsistem mobil yang berlebihan atau variasi lampu mobil yang melebihi kapasitas stroom aki. Jika anda tidak mengetahui dalam hal ini bisa saja ini yang menyebabkan air aki mobil cepat habis dan berkurang. Dan pada akhirnya aki mobil anda jebol atau soak.

Penyebab air aki mobil cepat habis dan berkurang membuat anda harus waspada. Dan andapun harus cek aki dan selalu menambahkan air aki setiap hari dari biasanya. Dan jika anda benar mengalami kejadian ini anda perlu waspada. Sebab kalau kondisi air aki mobil sering berkurang itu menandakan bahwa ada masalah pada sistem pengisian aki mobil.

Dan kenapa air aki mobil cepat habis dan berkurang, inilah penyebabnya :

Air aki mobil cepat habis karena aki di muati dengan melebihi batas. Hal ini karena penyetelan regulator tegangan kurang tepat sehingga pemuatan melampaui batas. Penyebab utama kenapa air aki sering berkurang adalah karena terjadi over charger dari komponen alternator ke dalam aki. Ini yang menyebabkan cairan elektolit aki ini menjadi mendidih dan menguap. Karena air di dalam aki mobil ini mendidih dan menguap inilah air aki cepat habis. Disamping itu, lampu-lampu akan cepat mati. Dan kontak-kontak pemutus arus yang ada dalam distributor akan cepat menjadi kasar. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kirimkan kendaraan anda ke bengkel untuk diperbaiki.

Cek overcharger alternator

Dan mengetahui apakah alternator atau dinamo pengisian mobil anda mengalami kelebihan cas atau overcharging. Anda bisa mengetesnya dengan menggunakan Volmeter. Caranya sederhana, silahkan anda nyalakan mobil anda. Lalu nyalakan alat volmeter pada posisinya. Dan tempelkan ujung ujung stick volmeter tadi pada kutub kutub aki. Jika di dapati tegangan diatas 15 V berarti benar alternator anda mengalami overcharger.

Mengapa bisa overcharger, dan inilah penyebabnya..jika air aki mobil cepat habis dan berkurang.

Biasanya overcharger ini di sebabkan karena komponen penstabil tegangan di alternator ( IC regulator ) tidak mampu bekerja dengan baik. Jika alternator ini rusak maka lampu indikator pengisian yang ada di dalam dasboard mobil akan menyala.  Dan anda bisa melakukan penggantian IC regulator ini di bengkel kepercayaan anda. Agar alternator tidak mengalami over cas.

Seperti itulah beberapa penyebab mengapa air aki mobil cepat habis dan berkurang. Dan jika aki mobil anda ternyata telah habis jangan panik. Anda bisa membelikan air zuur yang berlogo merah untuk mengisi penuh sel- sel baterai aki. Lalu anda charger kembali di tempat pengecasan aki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *