Bank Indonesia Cirebon Gedung De Javasche Bank

Bank Indonesia CirebonBank Indonesia Cirebon. Di buka pada 31 Juli 1866 dengan nama Agentschap van De Javasche Bank te Cheribon. Dahulu namanya De Javasche Bank.

Bangunan Bank Indonesia Cirebon ini terletak di jalan Yos Sudarso No.5. Dan sebelumnya gedung ini merupakan Kantor Cabang ke-5 dari De Javasche Bank (DJB). Namun baru beroperasi pada 6 Agustus 1866. Kantor cabang DJB yang telah lebih dulu di buka adalah kantor DJB di Semarang, Surabaya, Padang, dan Makasar.

Gedung Bank Indonesia Cirebon di Jl. Yos Sudarso merupakan salah satu gedung tua. Bekas peninggalan jaman kolonial Belanda yang sampai sekarang masih berdiri dengan megah, cantik dan anggun di Kota Cirebon. Di jalan ini memang cukup banyak dijumpai bangunan tua. Menandai bahwa sejak jaman dahulu jalan ini merupakan jalan utama perekonomian.

Sejarah nya Gedung bank Indonesia cirebon. Dalam acara peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung Kantor Cabang DJB Cirebon ini dilakukan oleh Jan Marianus Gerritzen. Anak Direktur M.J. Gerritzen, pada 21 September 1919. Gedung Bank Indonesia Cirebon ini kabarnya merupakan satu-satunya gedung Kantor Bank Indonesia.  Ini adalah warisan De Javasche Bank yang hanya mempunyai satu kubah. Maka tidak heran jika plang yang ada di depan Bank Indonesia Cirebon ini di dirikan sejak tahun 1919. Gedung ini masih aktif di gunakan oleh Bank Indonesia Cirebon.

Gapura Bank Indonesia Cirebon terbuat dari bata merah yang dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dari jaman Kerajaan Majapahit. Banyak bangunan gedung di Kota Cirebon yang menggunakan gapura terbuat dari bata merah. Jika bangunan baru Gedung Bank Indonesia Cirebon lebih terkesan melebar.  Maka bangunan aslinya terkesan lebih meninggi, memanjang ke belakang, lebih ramping. Dan ada sebuah menara serta kubah pada puncak bagian depannya. Pilar-pilar silindris model bangunan Romawi dan jendela yang tinggi juga terlihat pada bangunan gedung yang asli.

Gedung Bank Indonesia Dahulu dan Sekarang.

Dari catatan sejarah BI. Perencanaan arsitektur Gedung De Javasche Bank yang sekarang. Itu menjadi bagian dari Gedung Bank Indonesia Cirebon yang dilakukan oleh Biro Arsitek F.D. Cuypers & Hulswit.

 

gedung BI cirebon

 BI Sekarang

 

BI dahulu

Pagar di bagian depan Gedung BI Cirebon tampaknya di pertahankan sebagaimana aslinya. Adalah P.J. Janssens, seorang Notaris berkebangsaan Belanda di Cirebon. Yang ditunjuk sebagai pimpinan Kantor Cabang DJB Cirebon yang pertama. Sedangkan posisi komisaris dan wakil komisaris di percayakan pada J.W. Peter dan P. van Waasdjik. Undang-Undang Pokok Bank Indonesia yang terbit pada 1953. Bahwa menetapkan pendirian Bank Indonesia untuk menggantikan De Javasche Bank sebagai bank sentral. Dengan tugas utama di bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran. Serta tugas penting lain terkait pemerintah dan melanjutkan fungsi bank komersial yang dilakukan DJB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *