Merawat Mobil Antik ( Mobil Jaman Dulu )


8 months ago

tips merawat mobil antikTips Merawat Mobil Antik. Sangat jarang kita menemukan di jalanan mobil antik jaman dulu. Jarang di temukan karena di samping harga akan lebih mahal dengan mobil modern. Dan bisa juga untuk mencari sparepart yang sama persis sangatlah susah di tahun ini.

Tapi di lain pihak masih banyak juga mereka yang mempunyai mobil antik di masa lampau. Di zaman yang serba modern sekarang ini  ternyata masih banyak para pecinta mobil antik atau mobil klasik . Memang mesti jarang kita temui namun pernah anda melihat nya. Dan alasan memiliki mobil antik ini selain sebagai hobi biasanya juga sebagai koleksi pribadi. Di sini kami mencoba berbagi artikel mengenai tips merawat mobil antik yang kami ambil dari beberapa sumber.

Berikut Beberapa Tips dalam merawat mobil klasik / antik :

  1. Periksalah kondisi mesin secara keseluruhan terutama bagian sistem pengapiannya.
  2. Perhatikan kabel-kabel penghantar listrik yang seiring berjalannya waktu akan menjadi getas, sehingga mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan.
  3. Gantilah ring piston yang lemah dengan melakukan skir klep. Hal ini berguna untuk menghaluskan klep yang sudah berkerak hingga bensin dapat mengalir dengan lancar
  4. Periksalah bagian kaki-kaki mobil.
  5. Lindungi warna mobil dengan car cover.
  6. Lakukan perawatan keseluruhan mobil secara berkala.
  7. Apabila cat sudah usang, “repaint” lagi agar kinclong.

Bilamana kita mempunyai mobil antik yang keren seperti merk Terkenal maka tentu harus melakukan kegiatan merawat mobil secara rutin.  Agar performa dan penampilan kendaraan kesayangan itu tidak lekang oleh gerogotan sang waktu. Pemeliharaan rutin sangat penting untuk mobil Anda. Perawatan secara teratur akan mengurangi kemungkinan timbulnya kerusakan tak terduga. Anda harus meluangkan waktu untuk membaca buku manual mobil sebelum memulai perawatan.

Sebenarnya tidak mesti merawat secara rutin untuk mobil yang lawas , mobil memang harus semestinya di rawat secara berkala menurut aturan. Seperti pemakaian kilometer dan tingkat kerusakan onderdil karena keausan dan pemakaian.

Seperti hal nya mobil baru, mobil lawas atau mobil antik pun harus memperhatikan mesin, ban, kaca serta cat mobil agar terlihat bagus. Dan ini di bawah ini adalah Tips dasar dapat dij adikan rujukan untuk melakukan perawatan pada mobil anda.  Sama hal nya dalam memelihara dan tips merawat mobil antik.

Periksa ban.

Ban akan berumur panjang dengan selalu memastikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi pabrik. Periksa buku manual untuk mengetahui berapa besar tekanan ban yang optimal bagi mobil Anda. Periksa juga tapak ban. Ban perlu diganti jika benang ban telah mulai kelihatan. Ban akan berumur panjang dengan selalu memastikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi pabrik

Periksa Aki mobil.

Berikut adalah tips perawatan aki mobil:
• Pastikan untuk melepas kabel dari baterai sebelum membersihkan aki. Bersihkan kabel dengan sikat kawat dan larutan satu gelas air dan satu sendok makan baking soda.
• Periksa koneksi kabel. Periksa apakah aki terikat kencang pada dudukannya. Jika ada kabel yang longgar, kencangkan. Baca tentang aki mobil dan masalahnya.

Periksa Oli, pelumas, belt, dan selang-selang.

Oli, pelumas, belts, dan selang dapat diperiksa dengan mudah. Periksa kompartemen mesin apakah ada level oli atau pelumas yang rendah. Periksa pula jika ada keausan pada belt mobil.

Cek Rem.

Pastikan rem dalam kondisi baik. Ada sejumlah cara untuk memeriksa rem.
• Rem perlu dibersihkan atau sepatu rem perlu diganti, jika rem berderit saat mobil dihentikan.
• Rem mungkin kekurangan tekanan hidrolik, jika mobil condong atau tertarik ke satu sisi saat pengereman.
• Minyak rem mungkin tidak penuh, jika saat pedal diinjak tidak terasa adanya tolakan. Jika pedal bisa diinjak hingga habis ke bawah, ini berarti sepatu rem mulai tipis.

Wiper kaca depan.

Saat wiper mulai tidak berfungsi optimal, segera ganti dengan yang baru. Mengganti wiper hanya membutuhkan waktu singkat dan mudah. Lihat di buku manual untuk membeli model wiper yang tepat.

Jadwal pemeliharaan.

Mobil perlu di service teratur pada bengkel resmi. Disiplin pada jadwal service mobil Anda akan memastikan kendaraan selalu dalam kondisi baik. Dengan melakukan perawatan yang teratur dan menyeluruh maka diharapkan kita masih akan mampu menikmati berkendara dengan Mobil Mewah antik milik kita.

Hampir sama dan tidak jauh berbeda dalam merawat mobil sepertinya, hal yang mendasar adalah service secara rutin. Begitu pula tips merawat mobil antik sepertinya sama hal nya dalam merawat mobil pada umum nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *