Merawat Wiper Mobil Agar Tahan Lama

merawat wiper mobilMerawat Wiper Mobil Agar Tahan Lama. Wiper atau penyapu air hujan merupakan bagian yang penting apalagi di kala musim hujan. Wiper yang bekerja dengan baik akan membantu anda ketika cuaca dalam keadaan hujan. Karena Air hujan yang menutupi kaca akan membatasi pandangan pengendara dan kerap mengganggu konsentrasi pengemudi.

Beberapa survey membuktikan kecelakaan lalu lintas di musim hujan lebih di dominasi karena wiper tidak berfungsi dengan baik pada kendaraan. Merawat wiper mobil tidak harus membutuhkan keahlian khusus atau datang ke bengkel resmi. Cukup anda sendiri melakukan pemeriksaan pada wiper kendaraan anda.

Berikut bagaimana cara merawat wiper mobil anda:

 

  1. Periksa bagian karet wiper dengan teliti. Jika terlihat sudah retas atau getas sebaiknya wiper segera di ganti. Menggunakan wiper dengan karet yang sudah getas akan menimbulkan kerusakan pada kaca mobil anda.
  2. Jangan mengelap dan membersihkan sisi pinggiran karet wiper. Pada bagian pinggir karet wiper terdapat lapisan kimia yang berguna untuk menjaga elastisitas karet. Bersihkan saja ujung karet wiper kendaraan anda dengan menggunakan lap kanebo basah.
  3. Angkat wiper mobil anda ketika tidak digunakan atau anda bisa juga memasang penyangga agar wiper sedikit terangkat. Stand wiper bisa anda beli di toko spare part mobil dengan harga yang terjangkau. Fungsi stand wiper ini untuk mencegah kotoran melekat pada ujung karet wiper ketika wiper tidak digunakan.

Cara merawat wiper mobil dengan memeriksa bagian poros engkol wiper. Semprotkan cairan 4wd secara berkala agar pergerakan wiper dapat lancar dan tidak serat.

Untuk air wiper anda tidak perlu membeli air khusus wiper yang dijual bebas. Terkadang air khusus wiper yang di jual mengandung asam dan dapat mengendap di tangki wiper. Sehingga beresiko menyumbat aliran semprotan wiper. Cukup gunakan air yang di campur dengan shampo untuk mengisi tangki wiper kendaraan anda.

Atur arah semprotan wiper ke arah bagian di mana wiper akan menyapu air. Jika lubang semprotan macet gunakan jarum atau peniti untuk melancarkan semprotan dan mengatur arah tembakan air wiper.

Demikianlah bagaimana cara merawat wiper mobil. Wiper yang di rawat akan berfungsi dengan baik dan memberikan keamanan serta kenyamanan saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *