Wisata Kolam Renang Cibulan Di Kuningan

wisata kolam renang cibulanObjek Wisata Kolam Renang Cibulan berada di daerah kab. Kuningan. Ini adalah merupakan salah satu objek wisata tertua di Kuningan.

Obyek wisata kolam renang cibulan ini diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan. Saat itu yaitu R.A.A. Mohamand Achmad. Selain objek wisata di Cibulan juga terdapat tiga tempat rekreasi sejenisnya di Kuningan. Yakni Kolam Linggarjati di kompleks Taman Linggarjati Indah Kecamatan Cilimus. Kolam Renang Cigugur di Kecamatan Cigugur dan Kolam Darma Loka di Kecamatan Darma.

Sejarah mengatakan menyatakan bahwa ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang. Atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Singkat cerita prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi. Sehingga menjadi ikan dan Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah.

Versi Lain sejarah Wisata Kolam Renang Cibulan

Bagi warga di Cibulan, keberadaan ikan dewa terkait dengan kisah Ki Gede Padara yang oleh warga disebut Ki Gedeng Padara. Dia adalah Seorang petapa sakti leluhur (karuhun) desa.

Alkisah Cigugur yang terletak 3 kilometer di atas Kota Kuningan. Pada sekitar tahun 1430 bernama Dusun Padara. Kala itu warga setempat memerlukan sumber air. Ki Gede lalu bersemadi seraya menancapkan sebilah keris di sebuah kaki bukit yang masih hijau di Gunung Ciremai.

Saat itu ada suara bergemuruh seperti tanah berguguran kemudian dinamakan Cigugur. Dari bawah akar pohon kemudian keluar air. Yang selanjutnya di tampung dalam sebuah kolam dan terus ke hilir dusun. Ki Gede lalu menangkap ikan kancra bodas dari tiga sungai. Yakni Sungai Cilutung di Majalengka. Sungai Cisanggarung di Kuningan. Dan Sungai Cijolang di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah sekarang. Ikan tersebut kemudian di masukkan ke kolam Cigugur.

Waktu itu ketiga sungai berair sangat jernih karena hutan-hutan di sekitarnya masih utuh. Karena kondisi lingkungan jernih dan sama dengan air yang keluar dari bukit Cigugur ikan-ikan itu hidup dan berkembang biak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *