DIAN RENTAL

Objek Wisata Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon

keraton kasepuhanObjek Wisata Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kasepuhan Cirebon meruipakan bentuk peninggalan sejarah budaya pada jaman dahulu khususnya di Cirebon.

Keraton Kasepuhan adalah Keraton yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan yang datang ke kota Cirebon.Dari ke empat keraton yang ada di Cirebon salah satunya Keraton inilah yang dapat di bilang termegah dan paling terawat di Cirebon.

Karena makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembokbata merah dan terdapat pendopo didalamnya. Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisankoleksikerajaan. Salah satu koleksi yang dikeramatkan yaitu kereta Singa Barong.

Kereta ini saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan. Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. Didalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja. Kasepuhan didirikan pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *