Reklamasi Pantai Cirebon Akankah Di Realisasikan

reklamasi pantai cirebonPemerintah kota Cirebon menawarkan Proyek Reklamasi Pantai Cirebon untuk mengembangkan kota Cirebon. Kesempatan dan peluang di buka sebesar-besarnya kepada Investor yang bisa menggarap proyek reklamasi pantai.

Reklamasi, adalah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau dasar sungai. Tanah yang direklamasi disebut tanah reklamasi atau landfill. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( BAPPEDA ), kota Cirebon Budi Rahadjo mengatakan. Reklamasi pantai cirebon menjadi satu-satunya solusi karena kota cirebon tidak lagi memiliki lahan untuk mengembangkan kota.

Upaya merealisasikan kawasan cirebon raya yang sudah puluhan tahun di wacanakan. Terus menghadapi resistensi yang besar. Pengembangan kota baru ke arah pantai menjadi sangat penting untuk segera dilaksanakan. Semua itu untuk mengakomodasi tingginya minat investor untuk berinvestasi di kota cirebon. Budi mengungkapkan rencana reklamasi pantai cirebon untuk menambah dan mengembangkan wilayah kota cirebon bukan sekedar wacana.

Rencana itu bahkan sudah kami tuangkan dalam rancangan peraturan daerah donasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Saat ini Raperda tersebut dalam tahap akhir pembahasan untuk segera di ajukan ke DPRD kota Cirebon.

Dikatakannya, kota cirebon memiliki panjang pantai sekitar 7, 2 kilometer. Pemkot Cirebon membuka pintu kesempatan selebar-lebarnya. Kepada semua pihak yang berminat dan sanggup merealisasikan rencana reklamasi pantai cirebon. ‘ Silahkan kirimkan proposal, nanti kami nilai dan evaluasi. Pihak mana yang sesuai untuk menggarap rencana ini, ‘ katanya. Saat menurut dia dengan luas kota cirebon hanya 3760 hektar. Banyak rencana pengembangan kota yang terkendala. Di tambah lagi dengan minat investor untuk berinvestasi di kota yang semakin tinggi. Kendala luas lahan yang terbatas, sangat terasa sekali.

Sementara itu wali kota cirebon Ano Sutrisno memaparkan rencana proyek untuk mengembangkan kota cirebon ke arah laut. Pengembangan kota baru ke arah pantai menjadi satu-satunya solusi. Karena kota cirebon tidak lagi memiliki lahan untuk mengembangkan kota. Namun menurut Ano, karena membutuhkan pendanaan yang jumlahnya sangat besar, agak sulit di biayai dengan dana pemerintah.

Salah satu investor, Artha Mas Konsorsium menyatakan. Kesanggupannya untuk menggarap reklamasi pantai cirebon di sepanjang kota. Bahkan owner Artha Mas Konsorsium, Hendro Hanciedo menjanjikan. Hasil reklamasi pantai bakal memberikan tambahan daratan lebih luas lagi dari luas wilayah kota cirebon saat. ini.

Menurut Hendro, kalo melihat lanscape. Pihaknya yakin bisa mewujudkan daratan tambahan seluas 4000 hektare. Kami sanggup membiayai proyek reklamasi berapapun kebutuhan dananya. Katanya seusai menyerahkan dua surat kuasa untuk mencairkan dana sebesar 130 miliar rupiah. Untuk pembiayaan 15 perusahaan di wilayah cirebon belum lama ini.

Dikatakan Hendro, Artha Mas Konsorsium memiliki pengalaman menggarap reklamasi di pantai losari Makasar. Di pantai Losari Makasar, menurut dia, konsorsiumnya berhasil mereklamasi pantai seluas 2000 hektar. Meskipun memiliki pengalaman mereklamasi pantai losari makasar. Hendro belum bisa memperkirakan kebutuhan pendanaan untuk reklamasi pantai Cirebon. Menurut dia kondisi masing-masing daerah berbeda-beda. Sehingga memunculkan angka kebutuhan yang berbeda pula.

‘ Prinsipnya kami siap meenganggarkan berapapun kebutuhan pendanaannya, untuk mereklamasi pantai cirebon di kota Cirebon, ‘ ujar Hendro.

Saat ini pemerintah telah mengeluarkan UU no.1 tahun 2014. Yang didalamnya mengatur reklamasi pantai. Reklamasi bisa dilakukan, ketika kota pesisir dihadapkan soal keterbatasan lahan untuk pengembangan kota tersebut. PEMKOT Cirebon sendiri mewacanakan reklamasi pantai sejak beberapa tahun kebelakang. Namun belum ada realisasi.

PR Bandung, 16/12/14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *