Situs Taman Kera Petilasan Sunan Kalijaga

taman kera di situs sunan kalijaga

Situs Taman Kera Petilasan Sunan KalijagaSitus Taman Kera Petilasan Sunan Kalijaga. Ini adalah salah satu dari situs – situs yang ada di Cirebon. Dan situs ini merupakan peninggalan Sunan Kalijaga sewaktu beliau menyebarkan agama Islam.

Situs Taman Kera Petilasan Sunan Kalijaga ini di huni oleh sekumpulan kera-kera. Dan kera ini jinak yang bisa beradaptasi dengan orang-orang disekitarnya. Termasuk wisatawan yang mengunjungi situs ini. Konon kera-kera tersebut adalah jelmaan dari para murid sunan Kalijaga yang tidak mau mematuhi ajaran Nabi Muhammad SAW.

Situs Taman Kera dan Petilasan Sunan Kalijaga di Cirebon ini diperkirakan sudah ada mulai abad ke-17. Sebagaimana terlihat pada tengara Benda Cagar Budaya di jalan masuk ke situs ini. Masyarakat setempat mempercayai bahwa situs ini merupakan petilasan Sunan Kalijaga. Ketika sang Sunan melaksanakan kegiatan penyebaran agama Islam di daerah Cirebon.

Misteri Tentang Kera Di Petilasan Sunan Kalijaga

Situs Taman Kera Petilasan Sunan Kalijaga. Percayakah Anda bahwa kera-kera di wisata Kalijaga Wulu Cirebon merupakan jelmaan pelaku pesugihan?. Misteri kera jelmaan pesugihan itu memang masih menancap di sebagian masyarakat Cirebon yang berdekatan dengan lokasi wisata. Lokasi wisata yang rimbun dengan pepohonan dan dihuni banyak kera menjadi daya tarik tersendiri. Karena pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan kera.

Lokasi situ Sunan Kalijaga tidak jauh dari Terminal Bus Harjamukti Cirebon. Jika memakai kendaraan sendiri hanya memakan 10 menit perjalanan. Sedangkan dengan menggunakan angkutan umum, bisa diakses dengan ojek. Situs Taman Kera Petilasan Sunan Kalijaga konon menjadi tempat peristirahatan para wali. Pada masa penyebaran agama Islam di Tanah Jawa. Hal itu terlihat dari nama tempatnya yang bernama Kalijaga ( Sunan Kalijaga ).

Sedangkan kera-kera penghuni tempat ini belum diketahui asal-muasalnya.  Menurut cerita mitos masyarakat, konon kera-kera yang berkeliaran dan berinteraksi di Kalijaga Wulu adalah jelmaan para pelaku pesugihan yang tidak bisa kembali berwujud manusia. Kepercayaan masyarakat pun di dasarkan pada interaksi para kera yang sangat dekat dengan pengunjung. Ketika datang dan membawa makanan kesukaan kera ( kacang ).

Situs Taman Kera Petilasan Sunan Kalijaga.

Yang mencengangkan dan semakin memperkuat mitos, Adalah jumlah kera di wisata Kalijaga Wulu berjumlah tetap. Tak bertambah maupun berkurang. Meskipun kera-kera betina di kawasan itu terus beranak-pinak. Di sisi lain, tidak terlihat pula ada bangkai kera yang mati. Karena usia maupun sakit di kawasan itu. Menurut penduduk sekitar saat ada kera yang lahir, sebagian menghilang entah kemana sehingga jumlahnya tetap.

About Dian Rental 98 Articles
Dian Rental, Layanan Sewa Mobil Cirebon

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*