Cara Merotasi Ban Mobil Agar Awet Dan Umur Panjang

cara merotasi ban mobilCara Merotasi Ban Mobil. Mengapa Ban Mobil anda harus di rotasi secara rutin. Jika anda punya mobil dalam waktu setiap kurang lebih enam bulan maka roda (ban) akan terjadi keausan.

Salah satu cara untuk menjaga nya agar tetap awet yaitu adalah dengan cara merotasi ban mobil itu sendiri. Rotasi ban perlu dilakukan secara rutin agar tingkat keausan ban baik depan maupun belakang sama. Sehingga usia penggunaan nya bisa bertambah dan kestabilan mobil saat dikendarai terjaga. Karena dengan membagi secara rata pada tiap ban akan memperpanjang usia pemakaian ban.

Namun perlu di ingat bahwa rotasi baru bisa dilakukan jika keempat ban yang digunakan memiliki ukuran yang sama. Mobil yang menggunakan ukuran ban depan yang berbeda dengan ban belakang, biasanya mobil-mobil jenis sport dan tidak perlu melakukan rotasi karena malah akan berbahaya.

Seperti kita ketahui bahwa Ban depan biasnya lebih cepat aus (botak) dibanding ban belakang. Terutama untuk mobil berpenggerak roda depan. Hal ini disebabkan karena ban depan menjadi penggerak kendaraan (Direct Executor) dalam manuver mobil.

Contohnya:

  1. Ketika mobil mulai bergerak, ban depanlah yang “menarik” (Front Wheel Drive).
  2. Karena ban depan juga sekaligus sebagai pengatur arah gerak mobil, gerakan saat berparkir, menggerakan roda depan untuk mengatur posisi ideal.
  3. Beban mobil termasuk penumpangnya saat pengereman sebagian besar tertumpu pada kedua roda depan.
  4. Pada waktu belok saat mobil melaju juga mengikis ban depan lebih daripada ban belakang.

Kadang kebotakan pada sebuah ban mobil tidak merata (Uneven Tyre Wear), juga bisa botak di sisi luar atau dalamnya saja. Biasanya ini disebabkan oleh setelan Front Wheel Alignment yang kurang baik. Untuk solusinya bawa mobil anda kebengkel lakukan Spooring. Bila kemudi terasa menarik ke satu sisi (kanan atau kiri) itu adalah satu indikasi kuat mobil anda membutuhkan Spooring. Penyetelan FWA (Spooring) hanya dilakukan pada kedua roda depan saja.

Berikut ini tips dan cara merotasi ban mobil untuk penggerak roda depan Front Engine – Rear Wheel Drive.

1. Ban Depan Kanan Menjadi ban Cadangan.

2. Ban depan kiri mundur ke belakang kiri.

3. Ban belakang kanan maju ke depan kiri (Cross).

4. Ban belakang kiri maju ke depan kanan (Cross).

5. Ban cadangan menjadi ban belakang kanan.

Cara Merotasi Ban Mobil untuk mobil penggerak roda belakang ( Front Engine – Rear Wheel Drive ) dan penggerak empat roda (Four Wheel Drive).

1. Ban depan kanan mundur ke belakang kiri (Cross).

2. Ban depan kiri menjadi ban cadangan.

3. Ban belakang kanan maju ke depan kanan.

4. Ban belakang kiri maju ke depan kiri.

5. Ban cadangan menjadi ban belakang kanan.

Ban mobil termasuk fast moving, artinya ban mobil adalah bagian yang cepat aus dan mau tidak mau harus diganti kalau mobil tetap mau dipakai. Cara merotasi ban mobil itu adalah tips utama untuk menjaga keamanan dan memperpanjang masa pakai sebuah ban mobil.

Idealnya penggantian ban dilakukan bersamaan pada semua ban mobil kita. Alasannya untuk tetap menjaga keseimbangan pengendalian (traksi) yang optimal. Tapi kenyataannya sebagian ban kita masih punya ketebalan alur (groove) dalam batas aman, meskipun ban yang lainnya sudah harus diganti. Disamping itu harga ban mobil juga tidak bisa dibilang murah, jadi selama bisa dihemat mengapa tidak? Selamat mencoba.

Cara Menghilangkan Bau Apek Di Dalam Mobil

cara menghilangkan bauCara menghilangkan bau apek di dalam mobil. Tips nya sangat sederhana yaitu dengan bumbu dapur.

Cara menghilangkan Bau. Bau apek di dalam kendaraan dan tidak sedap tentu sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Karena ruangan mobil relatif kecil, dan lebih banyak tertutup rapat, bau apapun yg muncul di dalamnya menjadi awet dan susah hilang begitu saja.

Yang sering muncul kan bau apek dan bau tak sedap adalah akibat aktifitas merokok di dalamnya. Bau rokok bisa bertahan berhari-hari walaupun Anda mungkin hanya beberapa menit saja merokok di dalamnya.

Untuk menghilangkan bau apek yang membandel itu tidak harus menggunakan parfum khusus yang harganya mahal. Tapi anda bisa menggunakan bahan bahan kue seperti yang pernah kita temui di dapur, seperti :

Bubuk Vanilla

Bubuk Vanila adalah bahan pewangi alami yang berasal dari isi buah vanili. Biasanya digunakan untuk pewangi kue, sirup ataupun makanan tradisional. Bungkuslah bubuk vanilla dengan kain tipis, lalu letakan di bawah jok mobil. Bubuk vanilla ini dapat juga menyerap bau akibat asap rokok.

Cuka

Bahan dapur yang berbau menyengat dan berasa asam ini dipercaya dapat menjadi solusi pembersih dan penghilang bau. Cukup letakkan segelas cuka di dalam kabin dan biarkan semalaman pada saat mobil tidak digunakan. Bau rokok akan hilang keesokan harinya. Tentu saja Anda harus segera menyingkirkannya kembali esoknya pada saat mobil hendak dipakai, karena kalau tumpah di dalam kabin mobil bisa menjadi persoalan lain lagi.

Bubuk Kopi

Bukan rahasia lagi bahwa kopi bisa menyerap berbagai macam bau. Sebarkan bubuk kopi di dalam kabin Anda, seperti di bawah karpet dan jok. Biarkan semalaman kemudian vakum untuk membersihkannya. Pastikan jangan sampai bubuk kopi basah.

Bubuk Kayu Manis

Memiliki rasa harum dan manis, bubuk kayu manis biasa nya di kenal sebagai bahan pembuat kue. Untuk menghilangkan bau rokok, campurkan seperempat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel. Campurkan secara merata hingga menjadi adonan. Kemudian letakan pada wadah tertutup. Lubangi tutup nya agar aman.

AC Mobil Mengeluarkan Bau Tak Sedap

ac mobil bau tak sedapPernahkah anda mengirup udara tak sedap di dalam mobil ketika AC mobil di nyalakan..? AC mengeluarkan bau yang tidak enak tentu saja sangat menggangu baik yang mengemudi dan penumpang yang lainnya.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan udara AC Mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap. Salah satunya adalah Evaparator yang kotor bisa menyebabkan udara AC Mobil bau pesing atau bau asem yang menyengat. Atau bisa juga penyebabnya adalah dari grill AC. Juga bisa juga dari kesalahan dalam memilih parfum mobil. Di sarankan memilih parfum mobil yang yang mempunyai aroma netral atau alami. Juga ac mobil yang kurang dingin pun dapat mengeluarkan bau yang tidak enak karena kurang freon.

Cara mengatasi bau yang tak sedap pada AC mobil yaitu diantaranya adalah: jika bau berasal dari evaparator anda dapat membersihkannya. Jika dari grill AC mobil anda pun dapat membersihkannya. Namun jika ingin praktis anda bisa langsung datang ke tempat service AC Mobil.

Namun jika bau tak sedap itu tercium seperti bau asap atau seperti bau oli mesin hal itu terjadi karena udara dari ruang mesin yang dapat masuk kedalam kabin mobil.

  • Bau yang tidak sedap ini akan membuat kita kurang nyaman, untuk menetralisir masalah tersebut berikut tips dari kami:

Jangan terlalu sering membuka kaca pada saat mobil sedang jalan.
Bersihkan kabin mobil sesering mungkin. sehingga bakteri dari kotoran tidak sampai masuk ke dalam kolong AC. dan karena bersih itu sehat.
Bersihkan bagian bawah alas kaki atau sedot dengan vacuum bagian karpet sebelum mobil di gunakan.
Sesekali bersihkan evaporator. hal ini membutuhkan keahlian khusus. oleh karena itu silahkan konsultasikan dengan bengkel AC Mobil.
Usahakanl untuk tidak merokok di dalam mobil. karena asapnya akan menempel di semua bagian seperti plafon, jok, dll.
Rawat AC secara berkala. Agar bagian komponen yang tertempel bakteri juga di bersihkan.
Usahakan untuk tidak menyimpan makanan basah dalam mobil yang dapat menimbulkan bau.
Untuk pengharum mobil, saya sarankan menggunakan jenis pengharum yang mengandung anti bakteri. sehingga mampu membunuh bakteri yang melekat dalam kolong AC dan evaporator.

Tips Kembalikan Bodi Mobil Yang Penyok

2 langkah dalam mengatasi bodi mobil yang penyokPernahkah anda mengalami bodi di sekitar mobil anda ada yang penyo terkena benturan. Melihat mobil anda ada yang penyok pasti kita merasa tidak nyaman dan terasa dilihatnya jelek.

Hanya dalam dua langkah Anda dapat melihat bodi mobil kesayangan kembali seperti semula. Anda hanya menyiapkan sebuah hair dryer dan juga sebotol karbondioksida cair. Sistem pengembalian bodi mobil ini memanfaatkan penurunan suhu secara tiba-tiba Otolovers.
tips mudah mengatasi mobil penyok

Langkah yang pertama adalah dengan cara memanaskan bodi mobil Anda yang penyok dengan menggunakan bantuan hair dryer. Dan setelah dirasa cukup panas jangan tunggu terlalu lama untuk menyemprotkan karbon dioksida cair pada bagian yang sama.

Suhu panas dari hembusan hair dryer yang kemudian diturunkan secara tiba-tiba dengan karbon dioksida cair hingga -109 derajat celcius itu menimbulkan gaya dorong yang dapat mengembalikan posisi bodi mobil Anda.
Bagaimana, anda ingin mencobanya, baca selengkapnya di otosia.com

Merawat Wiper Mobil Agar Tahan Lama

merawat wiper mobilMerawat Wiper Mobil Agar Tahan Lama. Wiper atau penyapu air hujan merupakan bagian yang penting apalagi di kala musim hujan. Wiper yang bekerja dengan baik akan membantu anda ketika cuaca dalam keadaan hujan. Karena Air hujan yang menutupi kaca akan membatasi pandangan pengendara dan kerap mengganggu konsentrasi pengemudi.

Beberapa survey membuktikan kecelakaan lalu lintas di musim hujan lebih di dominasi karena wiper tidak berfungsi dengan baik pada kendaraan. Merawat wiper mobil tidak harus membutuhkan keahlian khusus atau datang ke bengkel resmi. Cukup anda sendiri melakukan pemeriksaan pada wiper kendaraan anda.

Berikut bagaimana cara merawat wiper mobil anda:

 

  1. Periksa bagian karet wiper dengan teliti. Jika terlihat sudah retas atau getas sebaiknya wiper segera di ganti. Menggunakan wiper dengan karet yang sudah getas akan menimbulkan kerusakan pada kaca mobil anda.
  2. Jangan mengelap dan membersihkan sisi pinggiran karet wiper. Pada bagian pinggir karet wiper terdapat lapisan kimia yang berguna untuk menjaga elastisitas karet. Bersihkan saja ujung karet wiper kendaraan anda dengan menggunakan lap kanebo basah.
  3. Angkat wiper mobil anda ketika tidak digunakan atau anda bisa juga memasang penyangga agar wiper sedikit terangkat. Stand wiper bisa anda beli di toko spare part mobil dengan harga yang terjangkau. Fungsi stand wiper ini untuk mencegah kotoran melekat pada ujung karet wiper ketika wiper tidak digunakan.

Cara merawat wiper mobil dengan memeriksa bagian poros engkol wiper. Semprotkan cairan 4wd secara berkala agar pergerakan wiper dapat lancar dan tidak serat.

Untuk air wiper anda tidak perlu membeli air khusus wiper yang dijual bebas. Terkadang air khusus wiper yang di jual mengandung asam dan dapat mengendap di tangki wiper. Sehingga beresiko menyumbat aliran semprotan wiper. Cukup gunakan air yang di campur dengan shampo untuk mengisi tangki wiper kendaraan anda.

Atur arah semprotan wiper ke arah bagian di mana wiper akan menyapu air. Jika lubang semprotan macet gunakan jarum atau peniti untuk melancarkan semprotan dan mengatur arah tembakan air wiper.

Demikianlah bagaimana cara merawat wiper mobil. Wiper yang di rawat akan berfungsi dengan baik dan memberikan keamanan serta kenyamanan saat berkendara.

Tips Hilangkan Jamur & Goresan Pada Kaca Mobil

tips hilangkan jamurTips Hilangkan Jamur & Goresan Pada Kaca Mobil secara hemat banyak caranya. Dari yang dengan biaya mahal hingga yang murah dan hemat.

Tips Hilangkan Jamur. Memang sangat mengganggu bila kaca depan pada mobil kita terkena jamur. Terlebih bila saat kita mengendarai mobil malam hari dan kondisi hujan deras sangat menghalangi pandangan kita kedepan. Walaupun saat itu wiper sangat bersih dan rapat dalam menyapu kaca depan mobil.

Ada beberapa cara dalam mengatasi hal tersebut di atas. Yaitu menghilangkan noda – noda jamur pada kaca mobil terutama bagian depan. Cara ini sangat sederhana dan hemat biaya. Berikut tips hilang kannya :

Tips hilangkan Jamur Dan Goresan Pada Kaca Mobil

Cara yang pertama dengan menggunakan pasta gigi atau odol  :

  • Siapkan pasta gigi atau odol. Spoon bersih dan lap yang tidak berserat ( kain perca atau potongan baju )
  • Basahi kaca mobil yang terkena jamur atau seluruh kaca mobil ( biar sekalian kerja ). Pastikan tidak ada debu yang tertinggal sehingga tidak menyebabkan kaca mobil menjadi baret.
  • Oleskan pasta gigi pada spoon secukupnya. Lalu poles kaca mobil yang sudah berjamur tersebut. Poles menggunakan perasaan dan jangan sampai karena terlalu bersemangat malah kaca mobil menjadi pecah.
  • Setelah d ioles kan di siram dengan air dan lap kaca mobil hingga kering.(jangan dibiarkan basah sehingga angin yang mengeringkan. Kalau dengan cara ini sama saja seperti membiarkan berjamur kembali)
  • Liat hasilnya apakah ada perbedaannya. Apabila kurang bersih dapat diulangi untuk memoles kacanya.

Cara yang kedua menghilangkan goresan atau baret halus pada kaca mobil:

  • Oleskan pasta gigi pada bagian kaca yang mengalami baret halus.
  • Semprotkan air sedikit atau dapat dikatakan diteteskan air sedikit.
  • Setelah itu lakukan gerakan mengulek gado-gado (penuh semangat) pada bagian kaca yang baret agar baret kaca dapat tersamarkan.
  • Bilas dengan air sehingga sisa odol menghilang
  • Keringkan dengan menggunakan kertas koran atau kain perca.
  • Lihat perbedaannya. Tetapi tips ini tidak berlaku bagi kaca yang memiliki baret yang cukup dalam apalagi sudah mengalami retak di kaca.
  • Dapat diaplikasikan pada headlamp mobil yang sering mengalami baret halus.

Cara ketiga dengan tembakau rokok:

Sumber : bolgtoyota